KPI Dashboard

1-maintenance-connection-kpi-dashboard

Setelah pembahasan mengenai KPI khususnya maintenance dan contoh item-item yang dihitung dalam KPI saya akan sedikit overview mengenai KPI dashboard.

KPI Dashboard umumnya digunakan untuk memberikan pandangan sekilas untuk KPI (key performance indicator) yang relevan dengan tujuan dari proses yang dilaksanakan atau bisnis tertentu (misalnya penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, produksi atau maintenance itu sendiri).

Seperti halnya dashboard pada kendaraan yang berbentuk gauge bisa memberikan informasi pada satu atau lebih proses sehingga menjadi panduan kita dalam mengemudi kendaraan.

Jadi dashboard KPI adalah sebuah tampilan yang menunjukkan indikator-indikator secara visual untuk menampilkan infomaasi KPI yang dibuat menjadi informasi data dan grafis yang lebih mudah dipahami.

Secara umum keuntungan-keuntungan membuat dashboard antara lain:

  • Mempresentasikan secara visual ukuran kinerja yang dicapai
  • Dapat mengidentifikasi tren-tren yang timbul dari proses yang dilakukan
  • Untuk mengukur efisiensi dan inefisiensi
  • Kemampuan untuk menghasilkan laporan detail yang menunjukkan tren baru
  • Dapat digunakan sebagai dasar keputusan berdasarkan tren yang ada
  • Menyelaraskan kembali tujuan proses aktivitas
  • Menghemat waktu dibandingkan dengan melihat laporan satu persatu

 

Ada banyak model dashboard KPI ini namun seringkali memiliki indikator grafis yang meliputi tiga warna pokok yang umum dipakai dari merah, kuning dan hijau (traffic light) dan dapat dibuat secara digital melalui interface software yang digunakan.

Tiga tipe dashboard digital yang ada pada pasaran berupa:

  1. Stand alone software application
  2. Web browser application
  3. Desktop application (Widget)

Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan  software standar perkantoran yang biasa digunakan misal Spreadsheet excel dan software lainnya.

*Sedikit saya singgung antara dashboard dengan scorecard yang hampir sama aplikasinya untuk mengukur keberhasilan dari suatu proses. Namun untuk scorecard lebih kepada semua proses langsung yang dilakukan. Sedangkan dashboard lebih kepada hasil akhir atau hasil kumulatif dari semua proses.

Pembuatan dashbord diharapkan memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Simple dan mudah dipahami dan dikomunikasikan
  2. Hasil yang memiliki korelasi antar data sesuai

3.       Mendukung proses yang dilakukan dan data yang valid4.       Berlaku terhadap persepsi visual yang umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s