Pencak Silat Kalimantan Melati Rimba

logo-asli-putihBelasan tahun tidak aktif di kegiatan beladiri sejak masuk awal kuliah dulu akhirnya bisa berkecimpung lagi di bidang satu ini. Walaupun sebagai keturunan dari Pulau Jawa yang memiliki seabrek aliran Pencak Silat namun  sejak dulu lebih minat silat-silat dari bumi Borneo. Diawali dari sebuah perguruan Silat perpaduan dengan Kung-fu Tiongkok melalui perguruan Candra Mawa Sakti di Samarinda dan cukup lama di perguruan ini namun akhirnya berhenti ketika memasuki semester 3 kuliah. Sebelum itu bermacam beladiri pernah saya ikuti namun tidak pernah berlangsung lama. Dari silat mbah sendiri, Cimande dari Jabar, Karate, Pernafasan (tenaga dalam).

Seiring waktu memang kecintaan terhadap seni tradisi ini gak bisa ditahan. Setelah bertahun-tahun tidak mengikuti kegiatan ini dikarenakan pekerjaan juga yang menyisakan sedikit waktu untuk selalu aktif akhirnya bisa menetap di kampung halaman. Dari sini mulai lagi searching mengenai beladiri yang ingin diikuti lagi. Ingin kembali ke perguruan sebelumnya masih berlokasi di Samarinda dan belum bisa rutin bolak balik Balikpapan-Samarinda. Akhirnya mendapat informasi  mengenai silat Kalimantan yang merupakan  sebuah perguruan yang dibuka di Balikpapan namun sementara vakum kegiatan latihan dikarenakan semua muridnya sudah banyak tersebar untuk bekerja dan tidak bisa lagi aktif serta tidak ada regenerasi di kota ini. Kecuali di Kalimantan Selatan yang memang diteruskan oleh Putra Guru besar perguruan ini. Disini saya berkenalan langsung dengan guru besar yang menamakan perguruannya Melati Rimba yang merupakan salah satu aliran Sepecut Pulau Pinang yang didirikan pada 15 Agustus 1975  berpusat di Balikpapan Kalimantan Timur. Aliran SEPECUT PULAU PINANG sendiri memiliki organisasi awal di bawah naungan SIKAP (Seni Indonesia Kalangan Pencak) Kalsel dan didirikan oleh yang dikenal dengan Bapak Sugareng. Melati Rimba memiliki jalur dari Bang Taher yang merupakan murid generasi pertama dari Bapak Sugareng. Dari Bang Taher mengangkat murid Bapak Zainal Abidin Moerad sekaligus mendampingi pembukaan Perguruan MELATI RIMBA di Balikpapan dan menjadi Guru Besar. Namun semua kaidah perguruan tetap mengacu pada aliran Sepecut Pulau Pinang. Selain Melati Rimba ada beberapa aliran Sepecut yang tersebar di wilayah Kalimantan. Melati Rimba merupakan perguruan yang berkontribusi dalam pembentukan IPSI di Balikpapan dan akhirnya resmi di bawah naungan IPSI pada tahun 1980. Sebelum ada IPSI Melati Rimba tergabung dalam Induk Organisasi KONI Balikpapan dikarenakan IPSI waktu itu belum terbentuk. Saat ini cabang Melati Rimba ada di Tabalong Kalimantan Selatan dengan Pelatih Bapak Zulfirmansyah dan untuk Pusat masih di pegang oleh Guru Besar Bapak Zaenal Abidin Moerad.

Perguran silat ini menekankan ke latihan fisik dan orientasi sebenarnya ke pertarungan baik secara beladiri maupun secara prestasi. Sangat disayangkan sekali sebuah karya seni ini kalau tidak dilestarikan dan kalau bukan generasi penerus siapa lagi. Bukan untuk hebat-hebatan apalagi untuk mencari musuh tapi lebih ke pengendalian diri dan menikmati sebuah karya seni dari daerah sendiri. Apalagi sekarang Pencak Silat begitu mendunia bahkan banyak orang luar negeri yang berbondong-bondong untuk belajar ke negeri ini dan menghargai nilai-nilai luhur dari seni beladiri tradisional ini. Apakah menunggu di klaim negara lain salah satu budaya kita baru ribut atau tidak dari sekarang kita pertahankan. Ndak harus jadi pesilat untuk melestarikannya namun apapun kontribusinya akan tetap mengenalkan kepada generasi penerus mengenai karya-karya jenius leluhur masa lalu.

http://melatirimba.webs.com

http://melatirimbakalsel.blogspot.com

5 thoughts on “Pencak Silat Kalimantan Melati Rimba

  1. asalamualaiku pak saya ingin belajar tpi di mana tempat nya saya di balikpapan pak
    mint balasan nya pak
    no:083807662684

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s