Gcompris – Game Edukasi Di GNU Linux (Blankon)

Saat si kecil sudah mulai ikut-ikutan orang tuanya operasikan PC atau laptop tentunya dia akan juga bereksplorasi dengan alat tersebut dan mulai berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Game merupakan salah satu aplikasi yang sangat digemari oleh anak-anak dan cenderung produksi game tersebut meningkat dari waktu ke waktu dan memang tidak bisa dipungkiri sudah perpindahan zaman dan teknologi menuntut mereka lebih dini mengenal teknologi.

Perkenalan si kecil dengan aplikasi komputer kemarin diawali dengan membeli langsung aplikasi produk asli dalam negeri ( produksi AKAL INTERAKTIF dan ELEX MEDIA KOMPUTINDO)  yang semuanya sangat inovatif dan dapat memilih aplikasi sesuai dengan tingkat umur si kecil. Namun saat ini aplikasi yang diproduksi tersebut semuanya hanya bisa berjalan di lingkungan desktop Ms. Windows. Bagaimana dengan di Linux?

Salah satu aplikasi untuk edukasi yang termasuk komplet di Linux adalah Gcompris

Gcompris sendiri merupakan software multi edukasi yang diperuntukkan untuk anak usia 2-10 tahun dan bisa support untuk berbagai OS salah satunya untuk GNU-Linux itu sendiri. Rata-rata aktivitas di dalamnya adalah berupa permainan (Game) namun kesemuanya berorientasi untuk pendidikan untuk anak-anak. Di bawah ini beberapa kategori akifitas dalam software tersebut;

  • Pengenalan komputer : belajar menggunakan keyboard, mouse dll….
  • Aljabar/ perhitungan
  • Sains : perputaran air, simulasi listrik dll…….
  • Geografi
  • Permainan ; chess, memory, connect 4, oware, sudoku dll……….
  • Belajar membaca
  • Lain-lain seperti puzzle, gambar vektor, membuat kartun dll…..

Total aplikis lebih dari 100 item dan yang membuat sangat dianjurkan aplikasi ini adalah sudah support untuk Bahasa Indonesia yang akan membuat anak lebih cepat memahami aplikasi tersebut.

Untuk memasang aplikasi tersebut untuk distribusi Linux Blankon sangat mudah yang penting sudah terkoneksi dengan internet cukup dengan mengetik kata kunci Gcompris di kolom pencarian Synaptic Manager Paket

jangan lupa untuk memilih juga dukungan bahasa Indonesia agak aplikasi bisa langsung berjalan dengan bahasa kita.

 Setelah terinstall di Linux kesayangan kita maka shortcut aplikasi akan tersimpan di Aplikasi-Pendidikan-Seprangkat pendidikan hiburan (Edutainment)

Ada tambahan aplikasi yaitu  Gcompris Administration yang bisa untuk menentukan settingan aplikasi tersebut untuk user, tampilan dan lain-lain

Demikian sekilas review mengenai aplikasi Gcompris yang bisa dimanfaatkan untuk si kecil dalam belajar dilingkungan desktop Linux (baca: Blankon) dan satu catatan usahakan selalu mendampingi se kecil dalam menggunakan komputer apalagi komputer yang tersambung pada internet.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s