Gitar FX di Linux

Iseng-iseng waktu habis lebaran lihat gitar listrik temen dikerubuti sama sarang laba-laba lumayan lecek n ancur.. tapi masih bunyi. Pinjam bawa sebentar ke rumah dilap-lap dibersihin debunya eh.. jadi kinclong dan masih pantas dilihat. Deal 120 rb melayang untuk gantiin gitarnya.. sst uang THR.

Kembali ke rumah sewaanku..surgaku.. lumayan lah ngisi waktu dengan bakat yang terpendam dalam dan gak muncul-muncul🙂

Beberapa waktu jadi ada yang kurang kalo pake gitar elektrik tanpa efek.. Mulai browsing cari-cari harga fx gitar yang murah and second. Rata-rata untuk jenis stomp box second paling murah 400 rb merek Boss Metalzone.. Yang baru apa lagi harganya lumayan mahal kalau untuk ukuran hiburan sehari-hari aja.  Yang efek digital semisal Zoom juga masih belum ada dana khusus. Akhirnya cari alternatif manfaatkan lapie mungil ini digital efek buat gitar butut-ku. Awalnya ambil Guitar FX 3.04 di windows tapi sayang versi demo aja dan masalahnya lagi ada delay sepersekian second dari mulai petik gitar sampai output di speaker mungkin sebabnya kelas sound card onboard standard.

Penasaran coba-coba cari di Linux..eehhh ternyata di Linux juga sudah ada. Hampir semua web/ blog saran pertama adalah Rakarrack. Ukuran file sekitar 764 Kb. Tapi sayang ketika compile program ini gak berhasil (masih belum lagi dicari penyebabnya) padahal semua dependency sudah terinstall.. sudah ./configure, make, terakhir make-install gagal di dependency libxpm. Padahal library ini juga sudah terinstall.

Gak menyerah dapat cari lainnya dapat cp-gfx. Ukuran file-nya sangat kecil loh cuma 122 Kb. Dan yang mengejutkan lagi software ini gak perlu install cuma diekstrak dan di running. Tambah terkejut lagi ketika dicolokin gitar dan coba efek Hard Distortion.. Jreng.. No delay blasss dan suaranya bagus. Sambil cengar-cengir… uhuy…selamat lagi dana untuk beli efek gitar sementara ini.

Ada beberapa efek yang bisa digunakan baik sendiri atau digabung yaitu:

  • Sine Wave Pulse
  • 3 Band EQ
  • 7 Band EQ
  • Autowah
  • Flanger
  • Noise Gate
  • Pitch Shifter
  • Reverb
  • Sort Distortion
  • Normal Distortion
  • Hard Distortion
  • Low Pass Filter
  • High Pass Filter

cp-gfx1

Saya sendiri masih kurang banyak tahu mengenai efek-efek tersebut maklum gak pernah di dalami mengenai ini. Kalau ada yang paham mohon sharing-nya mengenai efek-efek ini.

cp-gfx2

Kedepan untuk recording saya rasa juga masalah juga kalau mau pakai Linux karena banyak program untuk audio recoding dan editing. Seperti Ardour dan Audacity

O ya..untuk memaksimalkan koneksi jack gitar atau jack lainnya ke PC linux install dulu paket Jack . Ok itu saja pengantar saya silahkan coba-coba sendiri…

4 thoughts on “Gitar FX di Linux

  1. Waduh mantap jaya! Guitar FX ya? Kalau yang begini teman-teman saya pada nyari nih🙂

    Kok bisa ya mas ukurannya seimut itu? sayang mas aku gak punya speaker bagus hik hik. Eiya kalau software audio composing di Linux selain LMMS apalagi ya mas?

    Emm kalau soal kampanye pakai Windows XP tuh karena memang aku ngenetnya di Warnet mas. nggak punya koneksi sendiri.🙂

    Salam linux dari Mojokerto! Viva Linuxer Balikpapan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s