Safety Behaviour Observation

Hari ini panas-panasnya matahari di tambang dapat ilmu baru dalam kaintannya dengan safety yaitu di tempat kami dikenal dengan Safety Behaviour Observation (SBO). Ini merupakan kegiatan pengamatan kegiatan atau pekerjaan yang aman dari bahaya berdasarkan perilaku. Saya yakin hampir di semua perusahaan juga menerapka analisa berdasar perilaku namun mungkin istilahnya yang berbeda-beda.

Pengamatan perilaku ini didasari hasil penelitian seorang Bird Frank bahwa pondasi Incident adalah perilaku tidak aman.incident piramida

Namun masalahnya perilaku ini tidak bisa semuanya diukur jangankan perilaku yang tidak aman untuk near miss mungkin ada beberapa yang dilaporkan tapi akan lebih banyak yang tidak diketahui. Namun keyakinan yang ada adlah dari piramid diatas bahwa dalam perilaku tidak aman 300.000 (66.666 dalam teori lain) akan menyebabkan 1 incident fatality.

Oke saya tidak akan membahasa teori-teori diatas yang paling menarik disini adalah perilaku aman tersebut. Pikiran saya selama perilaku aman hanya ditegakkan dan dipelihara dilingkup perusahaan maka tidak akan terbentuk perilaku aman yang sesungguhnya. Justru perilaku aman ini harus dimulai dari dasar kita melangsungkan kehidupan kita yaitu di rumah kita masing-masing. Pernahkah kita berperilaku yang aman di rumah kita? pernahkah kita check sepeda motor kita sebelum jalan dengan anak kita? Pernahkan kita check  kompor kita sebelum kita nyalakan ? dan hal-hal kecil lain yang mungkin selama ini kita tidak sadari bahwa besar sekali hal kecil tersebut akibatnya kalau tidak kita kontrol.

Maksud saya dengan pemikiran ini adalah mana yang lebih kita pedulikan keluarga kita atau perusahaan? Kalau kita berperilaku aman di rumah demi keluarga kita Insyaalah di kerjaan pun pasti akan berperilaku aman karena niat bekerja kan juga untuk keluarga kita.

Jadi mari kita mulai perhatikan hal kecil atau bahaya kecil untuk menghindari akibat yang tidak kita inginkan di kemudian hari.

SAFETY FIRST!!!!!!!!!!!

8 thoughts on “Safety Behaviour Observation

    • Hai Zen,
      Thanks comment-nya, sori gak bisa kasih langsung kasih contoh di samping gak cuma ada hardcopy tapi itu merupakan dokumen perusahaan. Tapi saya masih bisa kasih gambaran tetang checklistnya. Sebenarnya pengamatan perilaku ini juga luas gak semata-mata si “manusia”nya saja yang diamati tapi mulai dari dia menyiapkan prosedur, termasuk dokumen yang diperlukan dalam melakukan pekerjaan tersebut, alat-alat yang dia pergunakan apakah sudah sesuai dengan pekerjaannya. Dan akhirnya sampai pada perilaku yang bersangkutan dalam bekerja apakah sudah menjalankan prosedur dan berperilaku aman simple-nya orang tidak bekerja terburu-buru dsb. Sebagai pengamat pun kita tidak langsung berinteraksi dengan subjek hanya pengamatan. Terakhir ketika melihat ada yang tidak aman atau keluar prosedur dijadikan catatan. Sekali lagi ini bukan merupakan “hukuman” jadi lebih mengarah ke diskusi dengan pelaku apa yang kurang dan tidak aman kemudian langsung memperbaikinya. Diharapkan orang yang kita amati bisa sadar dengan sendirinya tanpa harus selalu ada sanksi.
      Ok mungkin itu saja dari saya maaf kalau masih kurang puas.. Sehari-hari apa juga bergelut dibidang ini nich?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s