Ubuntu 9.04 di Acer Aspire One A150

ubuntulogo

Sebenarnya agak telat mau review soal Ubuntu 9.04 dengan code name Jaunty Jackalope yang sudah release dari bulan April kemarin karena sudah banyak review yang sudah di tampilkan di website atau blog-blog.

Saya sekedar sharing pengalaman menggunakan ubuntu di netbook Acer Aspire One A150. Untuk netbook saya sudah bundling windows XP SP3 jadi sudah pasti harga sudah temasuk tinggi  untuk ukuran laptop mini. Maksudnya juga untuk ngurangi ketergantungan dengan aplikasi bajakan.

Awalnya saya menggunakan Knoppix 6.0 yang file iso (image) dibooting melalu UFD/USB stick. Saya menggunakan Unetbootin untuk menjadikan flash disk menjadi media sistem operasi kanoppix tersebut. Untuk mendapatkan program itu bisa diambil disini.

Dengan menggunakan Knoppix netbook Acer bisa langsung boot dengan baik namun belum sempet chek semua hardware apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Selanjutnya saya mencoba menggunakan Ubuntu 8.04 dahulu dengan sama menggunakan UFD namun selalu gagal booting saya kurang tahu permasalahan.

Gak lama kemudian dirumah pasang speedy pas satu hari setelah peluncuran Ubuntu 9.04 langsung dech disedot file imagenya. Makan waktu sekitar 3.5 jam dengan speed download rata-rata 50 KB/s. Dan langsung pindah ke UFD dengan unetbootin.

Setelah ditest boot dengan UFD ternyata bisa di boot dengan lancar dan relatif cepat sampai masuk ke GUI. Tes untuk internet langsung connect. Jadi tanpa nunggu waktu lama langsung saya instal. Untuk cara install sebenarnya sudah sangat mudah tinggal point and click aja dan bisa dilihat-lihat disini untuk panduan instalasinya.

Setelah proses instalasi selesai semua hardware Alhamdulillah bisa berfungsi dengan baik khususnya sound card, networking dan penasaran dengan wifi. memang sudah dikenali tapi belum yakin bisa berfungsi dengan baik. Untuk testnya saya bawa ke kantor telkom untuk test hotspot dan Alhamdulillah juga bisa berfungsi dengan baik. Untuk webcam sendiri saya gunakan cheese dan juga bisa berfungsi dengan baik.

Kesimpulannya gak ada salahnya coba ubuntu 9.04 di Acer Aspire One soalnya semua dapat berfungsi dengan baik dan waktu yang dibutuhkan sangat singkat untuk booting tidak lebih 20 detik sampai ke login GUI. Percaya dech🙂

Setelah di otak-atik untuk tampilannya akhirnya sampai ke tema Matrix yang full ijo.. he..he.. yang jelas bukan kolor ijo..

matrix theme

10 thoughts on “Ubuntu 9.04 di Acer Aspire One A150

    • Alhamdulillah akhirnya muncul dari rimba… masih kredit nih laptopnya he..he….
      Mikrotik?? makanan apa ya kalau gak salah itu juga berbasis linux n kalau gak salah juga berfungsi jadi router CMIIW..

    • Sejauh ini sich karena saya mungkin pake-nya untuk kebutuhan standar aja jadi gak ada masalah blas bahkan cenderung lebih ringan dari pada XP apalagi kalau buat browsing. Dari versi terdahulu “perasaan” justru JJ ini paling ringan dan paling mudah semudah pakai windows..🙂

    • Kalau pake laptop (Notebook) pake Ubuntu/Kubuntu standard sedang kalau pakai netbook saya saranin spesial untuk netbook bisa pakai ubuntu netbook remix atau Kubuntu Netbook Remix yang tampilannya ciamik banget..
      Met mencoba ya..

  1. Yup betul, kemarin waktu pake live usb ubuntu 9.04 wifi mau bekerja. Tapi ketika di install wifi gak berfungsi. Saya coba non aktifkan driver atheros terus pake ndiswrapper baru mau connect. Saya coba check2 di website ubuntu ternyata memang wifi di acer A150 belum bisa berjalan maksimal.

  2. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts.
    A number of them are rife with spelling issues and
    I find it very troublesome to tell the reality then again I will certainly come again
    again.

Leave a Reply

