Liburan di Sangatta – Sengata

Sebelumnya saya mungkin jelaskan kenapa saya menulis dua kata untuk kota di Judul karena supaya bisa dicari di search engine dengan dua kata tersebut🙂

Sebenarnya kata Sangatta adalah ejaan terdahulu dan sudah diperbaharui semasa kepemimpinan Bpk Awang Faroek sebagai bupati ke kata aslinya yaitu kota Sengata. Soal kenapa di ganti saya juga kurang tahu pasti. Selanjutnya dalam tulisan ini saya akan menggunakan kata Sengata sebagai kata kota.

Sekilas tentang kota Sengata merupakan pusat pemerintahan daripada Kutai Timur yang merupakan pecahan dari Kabupaten Kutai dan terbagi dalam 3 kabupaten yaitu Kutai Kertanegara dengan kota Tenggarong sebagai pusat pemerintahannya, Kutai Barat dengan Melak sebagai pusat pemerintahannya dan Kutai Timur dengan Sengata-nya. Karena sistem pemerintahan kabupaten jadi Sengata masih dalam kategori Kecamatan. Dan kecamatan lainnya ada Kecamatan Sangkulirang, Kec. Muara Bengkal, Kec. Muara Ancalong, dan Kec. Muara Wahau,Telen, Sandaran, Busang, Kaliorang, Kongbeng, Bengalon, Rantau Pulung, Sengata Selatan, Teluk Pandan, Karangan, Kaubun, Batu Ampar dan Long Masengat.

Sengata sendiri berupa kota kecil yang berdekatan langsung dengan Tambang Batu Bara Terbesar di dunia yang di tambang oleh PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan penambangnya tersendiri ada beberapa kontaraktor diantaranya adalah PT Thiess Contractors Indonesia dan PT. Pama Persada Nusantara. Dan banyak lagi kontraktor-kontraktor yang ada di Sengata baik dalam hal pertambangan maupun  lainnya.

Dan masih ada lagi beberapa tambang batu bara di kawasan Kutai Timur itu sendiri selain yang di tambang oleh KPC. Banyaknya proyek pertambangan dan perkebunan termasuk pengeboran minyak di Kutai Timur dan ini membuat Sengata bagai gula yang di cari semut🙂 termasuk saya sebagai semut dimana mata pencaharian bisa didapatkan disana. Tapi kalau kembali kita lihat kesempatan kerja dan jumlah pencari kerja akhirnya tetap saja perlu kompetisi yang cukup ketat juga. dan ini menurut saya sama saja di mana-mana.

Ok untuk jelasnya mengenai Sengata bisa dicari di website-website lainnya.

Baru kali ini saya menghabiskan cuti kerja di Sengata saja gak pulang kampung karena sebenarnya Sengata sudah seperti kampung sendiri sekarang mengingat sudah 4 tahun mengais rejeki. Mungkin kalau semua orang yang kerja di Sengata berpikiran seperti ini maka uang tidak banyak yang keluar dari Kutim dan ujungnya pembangunan di Kutim bisa lebih meningkat kagi.

Ini jadi PR buat pemkab Kutim untuk “menjebak” semua karyawan pertambangan dan perkebunan agar menginvestasikan dananya di Kutai Timur ini.

Kali ini saya dan keluarga kecil saya mengunjungi salah satu objek wisata di Sengata yaitu pantai Aquatic yang terletak di dalam area KPC dan dikelola oleh KPC walaupun pantainya kecil tapi tetap bisa membuat fresh pikiran. Keunggulannya pantai ini yaitu mudah di jangkau. Untuk mencapai pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan darat kurang lebih 15 Km dari Sengata. Ada lagi sebenarnya wisata pantai yaitu Teluk Lombok tapi karena tempatnya jauh dan akses jalannya kurang baik telebih kalau hujan maka tidak jadi alternatif  refreshing kali ini. Keungulannya pantai Teluk Lombok mempunyai garis pantai yang panjang dan cukup dangkal untuk berenang sampai jarak 100 m dari bibir pantai.

Ini sekilas pandang pantai Aquatic Tanjung Bara Sengata

Dan ini Sekilas pandang pantai teluk lombok Sengata

Karena Sengata dekat dengan tambang ada juga namanya Bukit Pandang Pit J, yang merupakan tempat untuk melihat proses penambangan secara langsung dan menjadi salah satu tempat tujuan kunjungan wisata. Walaupun saya sendiri pekerja tambang tapi tetap enak juga lihat tambang bersama keluarga. Saya saranin kalau pas kering bisa dibawa masker untuk menjaga pernafasan dari debu-debu tambang.


Untuk bisa bersantai lagi refreshing bisa dicoba-cobat tempat wisata lain di Kutai Timur. Silahkan akses ke website Kutai Timur untuk lebih jelasnya. Satu aja saran saya hati-hati kalau ke wisata air di Sengata terkenal dengan banyaknya buaya bahkan buaya di darat lebih banyak.😀

8 thoughts on “Liburan di Sangatta – Sengata

    • OK dech… mantap tuch sebagai putra daerah Sangata memang mesti bisa memberikan info yang lengkap soal sangatta, apa saja sehingga yang baik bisa dipertahankan dan yang kurang bisa diperbaiki… Jempol untuk anda

  1. Aku ada rencana ke p sangata. tempat wisata yang menyenangkan dan melepas kepenatan kerja katanya sangata bagus..berikan yang nyaman dan menyenangkan apa aja di sangata lokasi wisata mungkin🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s