3D Game Di Linux

Lagi-lagi ada pinjaman VGA card GeForce4 MX 4000 128 MB dari Koepink “kayaknya pinjam permanen dan penasaran ingin coba game di linux yang lagi kemarin chipset intel yang dipake untuk VGA ke share 90-an MB masih gak semua game bisa jalan dan game yang mulus waktu itu hanya Open arena saja

Ada beberapa game 3D yang bisa dinikmati di Linux dan untuk ini saya ambil dari Repo saja dan tidak akan saya ulas detail tiap game karena asik maen nih🙂 dan untuk yang gak punya repo bisa disetup untuk software source ke mirror launchpad sana atau mirror ke Juragan kambing juga boleh. Oh ya kalau mau setup repository ke launchpad ada tutorialnya tuh di Norjik[dot]com. nih link-nya http://norjik.com/2008/07/17/install-compiz-fusion-plugins/

Setelah ganti VGA card HH (baca hardy heron Ubuntu 8.04) langsung mendeteksi dan untuk VGA card GeForce minta restricted driver dan langsung ku install dari repository dan kemudian restart komputer.

Karena pengen cepat jadi saya install dari synaptic aja dengan repository dari DVD

Game pertama yang kuinstall adalah Sauerbraten

Atau langsung dari terminal bisa di ketik : $sudo apt-get install sauerbraten

Adalah game shoot person 3D yang bisa dimainkan secara Single Player atau Multiplayer

Setelah proses install selesai maka icon game akan muncul di Application-Game-Suerbraten

Ada beberapa menu utama di main menu dengan memencet esc yaitu:

  • Load Map
  • Single Player yang terdiri dari : Start An Army Of One, Start For base, Start SP Map, Start DMSP Maso, Start slowmotion SP Map, Start slowmotion DMSP map
  • Multiplayer- Untuk main online atau jaringan
  • Editing (untuk edit control dsb)
  • Option
  • About
  • Quit

Karena gak tersambung ke jaringan so saya main di single player banyak sekali tempat yang bisa digunakan untuk langsung perang ada beberapa jenis monster yang mesti dibasmi sementara ini kalah melulu yang jelas monster-monster itu lebih jelek dari yang baca sekarang🙂

Langsung aja nih screenshoot-nya

Terus yang asik nih menu-menunya ada dalam game dan 3D juga lagi

Untuk senjata begitu main kita ada kalau gak salah ada 3 yaitu pistol, arrow bullet dan pelontar granat (istilah sendiri) dan untuk efek layak juga di acungi jempol tangan dan kaki

Untuk detailnya bisa baca-baca di http://sauerbraten.org/

Game lainnya yang cukup capek pegang tikus Alien Arena

Menu-menu disusun biasa tapi untuk efek-nya woooo.. kinclong tapi alien-nya kok lincah banget juga masih belum bisa menang. Reviewnya bisa dilihat disini http://www.linux.com/feature/119775

Satu lagi yang grafik-nya cukup bagus bisa juga dicona Tremulous : http://www.moddb.com/games/tremulous/reviews/tremulous

Game yang juga perang lawan Alien ini lumayan komplek mainnya soalnya kita juga mesti bikin markas dulu melengkapi generator, senjata dll dan untuk grafik serta efeknya juga acung jempol dech tangan dan kaki juga jempol yang baca🙂

nah belum lengkap kalau belum coba untuk racing untuk itu saya pasang Torch dan Trigger (Rally)

Untuk Torch gameplay sudah bagus tapi untuk grafic jangan di sandingkan dengan NFS jujur masih dibawahnya

Sedangkan untuk Trigger grafik sudah bagus banget dan ada dua game pilihan :

– Event- Sayang cuma satu aja event-nya (Trigger Cup)

– Single Race ada beberapa lokasi yang bisa langsung digunakan untuk maen: Far far away, Operation Desert storm, Snow level dan Tea in the sahara

Dan masih ada banyak game yang masih bisa dicoba saya cuma coba yang saya sebut diatas aja kalau kebanayakan kapan kerjanya………

Secara keseluruhan mungkin game Linux tidak sebanyak dan mungkin tidak sebagus di M$ Windows tapi tergantung pilihan mau game gratis di Linux sudah banyak yang bagus-bagus seperti saya ulas diatas atau yang berbayar bisa pake yang di Windows dan game-game diatas sudah cukup memacu adrenalin lho apalagi kalau untuk di pake multiplayer pasti seru.

O..ya lupa kalau desktop Linux bisa kita customize sedemikian rupa jadi cantik nih buktinya:

Selamat mencoba aja… Maju terus opensource

7 thoughts on “3D Game Di Linux

    • Glest…?? lebih bagus beli PS3 kali ya he..he….. sampe detik ini saya belum searching lagi mas untuk game-game yang bisa di jalankan pake Linux baik asli under linux atau lewat emulator. Tunggu next review mengenai game Linux..

  1. dari semuanya yang pernah kumainin cuma 1, alien arena itupun cuma coba-coba, habis itu sama kantor dipasang ke “jendela” lagi, padahal algi pengin-penginnya. Emang orang Blitar ya mas Gatot, salam kenal….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s