Virus.. oh virus

Demam membeli komputer semakin menggila diantara masyarakat selain harga semakin terjangkau dibeli dengan kredit pun sudah bisa bahkan tanpa jaminan dan tanpa uang muka bisa pulang bawa laptop. Termasuk juga teman-teman sekantor juga lagi demam membeli PC dan laptop. Awalnya pada happy bisa print foto sendiri buka manual alat berat dirumah sendiri dan lain sebagainya yang berkaitan dengan komputer.

Tapi bebarapa hari ini saya disibukkan dengan komputer-komputer mereka hampir semuanya sudah terkena virus dari yang ringan sampai yang memblok semua sistem Windows punya mereka. Maklum semuanya sudah terinstall sistem operasi windows ketika baru membeli komputer tersebut.

Hal tersebut bisa dimaklumi karena sebagian besar memang belum banyak tahu mengenai komputer itu sendiri dan sangat asik tukar menukar file dan meminjamkan kepada orang lain sehingga aktifitas pertukaran file tidak bisa dihindari. Dan melalui Flash Disk yang semkin murah itu menyebarlah virus-virus yang sedikit banyak mengganggu performance komputer. Saya lupa varian apa saja yang sudah menginfeksi yang jelas sejenis Trojan sudah bersarang.

Akhirnya saya disibukkan dengan mencarikan update antivirus bahkan ada yang harus di Restore dan di format ulang karena terbatasnya akses internet untuk download update antivirus dan waktu yang sempit.

Tapi saya sendiri Alhamdulillah gak pernah kerepotan dengan virus itu sendiri karena ya itu UBUNTU masih bersarang di komputer kesayangan walaupun senjata juga sudah disiapkan yaitu  menggunakan Clamav yang nyaris tidak digunakan.

Bisa didapatkan di http://www.clamav.net/

Saya jadi bertanya sebenarnya apa tujuan para  pembuat virus itu..memang sebagian ada yang memberi pesan moral tapi kenapa yang jadi korban malah banyak orang-orang yang ingin belajar maksudnya harusnya positif malah gak kena sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s