Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

Akhirnya…

Dapat CD installer GG dari temen penggemar Linux sekantor yang didapatkan dari rekan KPLI Samarinda. Tes live CD..running well.. penasaran sama compiz fusion..ugh.. saya inget kompie gak support tuk 3D accelerator jadi cukup untuk melihat interfacenya saja. Saya kurang mengerti system jadi kesan pertama kayaknya gak jauh beda sama FF dan turunan sebelumnya untuk tampilan .

Masih penasaran CD saya bawa ke kantor yang specnya sudah sangat mendukung sepenuhnya untuk 3D. Gak pake lama bisa boot dengan cepat dan baik. karena saya pecinta wanita ..halah.. pecinta grafik langsung saya test untuk compiz fusion yang ada di di Preferences-Appereance-pada visual efek ada 3 opsi lagi dan untuk compiz standar bisa langsung saya menikmatinya.. keren juga nih.. sedangkan untuk konfigurasi selebihnya untuk compizfusion harus diinstall dan di tambahkan confizconfig-setting-manager.

Putus asa… oh..tidak.. check tabungan masih cukup..saking ngebetnya coba order mainboard berbasis chipset intel, memang kurang bijak harus mengganti hardware tapi keinginan untuk hijrah total ke Linux sudah gak tertahankan lagi. AKhirnya dapat ASrock denga chipset 865G. Dua hari pemesana barang datang. Begitu buka processor eh..salah processornya gak dukung maklum sudah tahun-tahunan gak rakit komputer jadi dah jauh ketinggalan jenis-jenis socket prossesor. Karena pertimbangan bakal buat PC rakitan nantinya buat adik sekalian cari processor baru biar tambah joss. Dapat PIV 3.0 Ghz nanggung sich gak sekalian dual core tapi karena budgetnya terbatas ya itu aja lagian bekasnya juga gak bakal dibuang.

Jadilah komputer baru yang siap dimasukin semua macam distro..

Mantap dan yakin pakai Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon untuk desktop baru. Win**** dengan tanpa ampun saya bersihkan total habis semua programnya bajakan.. (Fresh install) lega rasanya. Langung coba aktifin effectnya dan tambah girang. Karena ingin tampilan yang sempurna pada compizfusion . Coba koneksi internet via GPRS dengan modem Hp Soner K510i dan kartu IM3 (itu terusss.. murah sich) dengan wvdial.

pada terminal diketik wvdial, ternyata masih minta konfigurasi. Kemudian dilakukan setting wvdial dengan : sudo gedit /etc/wvdial.conf

Connection Name = indosatgprs

Username = indosat

Password = indosat

Modem = /dev/ttyACM0

New PPD = yes

Kemudian save.

Selanjutnya ketik kembali wvdial… berhasil connect ke internet..

Langsung browsing cari compizconfig-setting-manager setelah download beserta dependensinya langsung instalasi secara otomatis.

Konfigurasi Compiz-fusion tidak jauh berbeda dengan beryl dan pokoknya gak bosan-bosan dech nikmati indahnya desktop GG dengan compiz fusion.

Untuk program lain? saya belum punya DVD repo GG coba-coba menggunakan DVD repo FF dan ternyata program yang saya butuhkan masih tersedia di DVD repo tersebut. Misal codec untuk mp3 atau DVD sudah OK, kemudian untuk aplikasi grafis Inkscape, Blender, GNU Paint aplikasi office tambahan yang sering dipakai di kantor yaitu Planner pengganti MS. Project.

Kurang tenang tanpa game habis di komplain ma istri habis buka Ubuntu masih belum menemukan game yang dia suka. Bongkar-bongkar di repo ternyata banyak sekali game mulai yang sederhana sampai yang 3D. Salah satunya yang sudah 3D adalah Trigger game rally yang cukup bagus dengan jenis mobil dan arena yang cukup menantang. Gak bisa semuanya saya ceritakan satu persatu prosesnya yang jelas sekarang saya dah total menggunakan Linux di rumah tapi di kantor masih pake Mas jendela karena ya perusahaan masih mampu membelinya walaupun akhir-akhir ini banyak virus yang menyerang.

Screenshot:

flip-compiz-fusion.jpg

3d-cube-compiz-fusion.jpg

expo-compiz-fusion.jpg

rotate-switcher-compiz-fusion.jpg etc………………………

7 thoughts on “Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

  1. Cinta mati sech nggak mas Norjik, cuma memang lagi belajar untuk ngurangi yang namanya bajakan. Sementara kebutuhan saya di Linux cukup terpenuhi kalau mas Norjik pakai untuk skala besar khususnya desain dll ya mesti cari yang berbayar kan supaya hasilnya juga josss…. masak mau porfesional carinya gratisan melulu he..he.. Musim rambutan di Qilo gak mampir kah?..😀

  2. Ya iyalah masa’ ya iya donk…🙂 sampe direwangin pesen CD reponya ke juragan kambing, tapi kok agak repot ya mau buat reviewnya dari mulai peluncuran paling 3 bulan baru dapat CD gratis dari shipit trus cari repo lha ketika mau dibuat gak lama lagi versi baru ubuntu bakal keluar lagi jadi takut basiiiii….

  3. Satu lagi Screenshot compiz-fusion yang mantap!

    saya berkeinginan menulis artikel bertema linux dengan isi screenshot/pengalaman pengguna compiz-fusion se-Indonesia. Saya melihat blog anda jadi ingin mengcopy screenshot di posting ini. Namun tentu saya akan menyertakan watermark pada gambar, nama anda, dan link ke blog ini.

    Apakah saya diizinkan mengcopy? Saya tunggu konfirmasi secepatnya.

    Terima kasih banyak anda mau bersusah membuat screenshot. Terima kasih kiranya anda berkenan mengizinkan saya. Eh iya, salam kenal dan tukar link ya mas? Semoga kita bisa jadi kawan baik🙂 Jangan berhenti blogging!

  4. langsung mas monggo kalo mau dicapture skrinsot-nya tapi yang diatas masih simple loh belum dimodif gtk-nya dan belum pake emeral kalo udah pasti lebih ok. Nunggu Karmic datang baru review lagi untuk netbook plus compiznya. Tuker link..Langsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s