IM3 di Linux-ku

Setelah agak lama gak ngutak atik kompieku yang punya dua wajah pinguin dan jendela jadi pengen coba lagi untuk pake kartu GSM IM3 dan K510i saya untuk dijadikan modem di Mandriva Free Spring 2007 saya setelah kenyang browsing di Jendela dengan perangkat yang sama.

Thanx to http://norjik.blogspot.com yang sudah menyediakan tutorialnya sebagai referensi saya untuk mengkoneksikan linux saya ke dunia maya. Tutorialnya menggunakan wvdial dan ppp-gnome yang di Mandriva saya tidak ada jadi saya install kppp dari source CD reponya. Setelah instalasi sukses coba running kppp dengan konfigurasi

Connection name: indosat gprs

Phone number: *99***1#

kppp_new_account.jpg

Untuk modem saya beri nama K510i dengan posisi modem pada /dev/ttyACMO

Username: indosat 

Password: indosat

Gak pake banyak seting sana seting sini langsung connect… 3 detik langsung online dan ketika buka mbah google gak sempet kedip sudah loaded.

Jadi sekarang tinggal tunggu cari waktu yang agak panjang buat hijrah total ke Linux, bukannya kenapa selama ini selalu repot dengan virus-virus yang beredar dan lain sebagainya, yang penting insyaalah halal bukannya menganggap “jendela” gak halal tapi karena kondisi keuangan gak bisa beli. Bagaimanapun “jendela” tetap akan menjadi yang pertama dalam membuka mata dalam dunia teknologi informasi dari seorang petani ini. Siapa tahu nanti om Bill Gate mau berbaik hati memberi saya semua produk Microsoft gratis🙂

Leave a Reply

